Jumat, 04 Mei 2012


SEJARAH LAHIRNYA BANGSA dan BAHASA IBRANI

"Makin banyak mereka yg percaya Kitab Suci yg berpendapat bahwa bahasa manusia yg pertama adalah Ibrani......
Ibrani adalah ibu dari bahasa-bahasa....
Ibrani adalah bahasa asli yg digunakan dalam percakapan di taman Eden....
Ibrani adalah bahasa Kitab Suci yg diwahyukan.
Bukti menunjukkan bahwa bahasa itu juga diucapkan kepada Adam dan Hawa serta akan diucapkan kembali dalam Kerajaan.....Makin banyak ahli yg menyetujui bahwa Ibrani adalah bahsa asli PL dan PB."
(Hebrew The Original Language, dalam situs Yahweh's Asembly in Yahshua)

Pendapat diatas merepresentasikan Gerakan pengagum nama Yahwehi karena mereka berpendapat bahwa bahasa Ibrani adalah bahasa dari kekal sampai kekal.

Namun penelitian sejarah, arkeologi dan teologi menjelaskan bahwa bahasa Ibrani adalah bahasa yg tergolong berusia muda dalam rumpun Semitik. Bahasa Ibrani itu berkembang karena pengaruh beberpa bahasa lain dan untuk sampai menjadi  bahasa percakapan lisan dibutuhkan proses yg cukup lama.
Tidak dapat disangkal bahwa Alkitab PL merupakan buku milik bangsa Yahudi yg sebagian besar ditulis dalam bahasa Ibrani. Buku itu menceritakan didalamnya sejarah terbentuknya bangsa Ibrani dari jaman Nuh sampai terbentuknya Kerajaan Israel dan pecah menjadi Kerajaan Israel dan Kerajaan Yehuda, selanjutnya menjelaskan pembuangan bangsa Yahudi ke Babel serta kembalinya ke Tanah Perjanjian.

Alkitab PL merupakan penyataan wahyu yg menyatakan otoritas dan kemakuasaan Allah yg ditujukan secara umum sebelum bumi dan segenap isinya diciptakan. Bahkan sebelum manusia dan nenek moyang bangsa Ibrani diciptakan. Alkitab telah lebih dahulu menyatakan nama diri TUHAN sebagai ELOHIM yg berdaulat atas ciptaan.

Kejadian 1:1-3
 Pada mulanya   Allah  (Elohim) menciptakan   langit  dan bumi. 1:2 Bumi belum berbentuk   dan kosong  ;   gelap gulita menutupi samudera raya,  dan Roh Allah  (Elohim) melayang-layang   di atas permukaan air. 1:3 Berfirmanlah   Allah: "Jadilah terang  ." Lalu terang   itu jadi.

Bagaimana sampai bangsa Ibrani terbentuk dan dari keturunan siapa saja?

SEJARAH LAHIRNYA BANGSA IBRANI

Kitab Kejadian pasal 10  menjelaskan riwayat bangsa=bangsa keturunan Nuh. yattu: Sem, Ham dan Yafet.
a. Keturunan Yafet, biasa disebut Yafit, yaitu: Gomer. Magog, Madai, Yawan. Tubal, Mesekh dan Tiras  (Kejadian 10:3), menyebar ke Eropa dan Asia Utara.
b. Keturunan Ham yg biasa disebut Hamit, yaitu Kush, Misraim, Put dan Kanaan (kejian 10:6), menyebar kepesisir barat Palestina.
c. Keturunan Sem yg disebut Semit yaiyu: Elam, Asyur, Arpkhakhsad, Lud dan Aram (Kejadian 10:22) menyebar ke Asia Barat sekitar Mesopotamia.

Dari mana lahirnya bangsa Ibrani? 


Kejadian 10:21-25
Lahirlah juga anak-anak bagi Sem  , bapa semua anak Eber   serta abang Yafet. 10:22 Keturunan Sem ialah Elam,   Asyur,   Arpakhsad,   Lud dan Aram.   10:23 Keturunan Aram ialah Us,   Hul, Geter dan Mas. 10:24 Arpakhsad memperanakkan Selah, dan Selah memperanakkan Eber.   10:25 Bagi Eber lahir dua anak laki-laki; nama yang seorang ialah Peleg, sebab dalam zamannya bumi terbagi, dan nama adiknya ialah Yoktan.


Salah satu cicit Sem adalah Eber, dan dari nama itulah suku bangsa Ibrani disebut.


Kejadian 11 : 10-26
11:10 Inilah keturunan   Sem. Setelah Sem berumur seratus tahun, ia memperanakkan Arpakhsad,   dua tahun setelah air bah itu. 11:11 Sem masih hidup lima ratus tahun, setelah ia memperanakkan Arpakhsad, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan. 11:12 Setelah Arpakhsad hidup tiga puluh lima tahun, ia memperanakkan Selah.   11:13Arpakhsad masih hidup empat ratus tiga tahun, setelah ia memperanakkan Selah, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan. 11:14Setelah Selah hidup tiga puluh tahun, ia memperanakkan Eber.   11:15Selah masih hidup empat ratus tiga tahun, setelah ia memperanakkan Eber, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan. 11:16 Setelah Eber hidup tiga puluh empat tahun, ia memperanakkan Peleg.   11:17 Eber masih hidup empat ratus tiga puluh tahun, setelah ia memperanakkan Peleg, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan. 11:18 Setelah Peleg hidup tiga puluh tahun, ia memperanakkan Rehu.   11:19 Peleg masih hidup dua ratus sembilan tahun, setelah ia memperanakkan Rehu, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan. 11:20Setelah Rehu hidup tiga puluh dua tahun, ia memperanakkan Serug.   11:21 Rehu masih hidup dua ratus tujuh tahun, setelah ia memperanakkan Serug, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.11:22 Setelah Serug hidup tiga puluh tahun, ia memperanakkan Nahor.   11:23 Serug masih hidup dua ratus tahun, setelah ia memperanakkan Nahor, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.11:24 Setelah Nahor hidup dua puluh sembilan tahun, ia memperanakkan Terah.   11:25 Nahor masih hidup seratus sembilan belas tahun, setelah ia memperanakkan Terah, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan. 11:26 Setelah Terah hidup tujuh puluh tahun, ia memperanakkan Abram,  Nahor   dan Haran.  


Dari daftar keturunan Sem diketahui bahwa Sem mempunyai anak Arphaksad, dan Arphaksad memperanakan Selah, Selah memperanakkan Eber, dan dari Eber lahirlah Peleg, Peleg memperanakkan Yehu, Yehu memperanakkan Serug, Serug memperanakkan Terah yang adalah bapak Abram.


Ketika keturunan Sem masih mendiami Ur Kashdim, keturunan Eber belum disebut sebagai orang Ibrani, namun masih disebut sebagai orang Aram yg mendominasi kawasan Mesopotamia atau Padang Aram. Baik Nahor, kakek Abram maupun Terah, Ayah Abram masih dikaitkan dengan Aram. Terah Kemudian meninggal di Haran.
Baru pada saat Abram hidup berada di Kanaan, nama Ibrani itu ditujujakn kepadanya.


Kejadian 14: 13
Kemudian datanglah seorang pelarian dan menceritakan hal ini kepada Abram, orang Ibrani   itu  , yang tinggal dekat pohon-pohon tarbantin kepunyaan Mamre,   orang Amori itu, saudara Eskol   dan Aner, yakni teman-teman sekutu Abram


Istilah orang Ibrani disini bukan nama bangsa, melainkan "sebutan" untuk Abram karena Ibrani juga berasal dari kata "Ibri" yang berarti "seberang" atau dimaksudkan untuk orang yg meyeberang (sungai Efrat) 
Dari data diatas dapat dipahami bahwa yg disebut bangsa Ibrani itu dikaitkan dengan keturunan Sem (Semitik), Eber (Ibranik) dan Abraham (Abrahamik). Itulah ketiga tokoh Semit yg dikenal sehingga namanya dipakai menyebut bangsa yg menjadi keturunannya.
Abram beristri Sarai yg berasal dari Aram 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar